Kutuliskan, Karena Otak Tak Cukup Mampu Mengingat

Wednesday, February 09, 2011

Judul Skripsi Komunikasi Humas

Sumber: www.AnneAhira.com

Humas merupakan bidang ilmu yang menjelaskan hubungan antara kelompok orang yang satu dengan orang yang lain, atau sekelompok orang dalam organisasi yang satu dengan organisasi yang lainnya. Humas juga mempelajari hubungan organisasi dengan masyarakat luar. Bisa juga hubungan antar anggota organisasi itu sendiri, baik di dalam struktur maupun di luar struktur organisasi.


Penulisan skripsi di perguruan tinggi merupakan syarat untuk mendapat gelar sarjana. Tak terkecuali bidang ilmu humas atau hubungan masyarakat. Humas termasuk ke dalam ranah ilmu komunikasi, yang mempelajari kelompok orang dan organisasi. Penentuan judul skripsi komunikasi humas pun jangan sembarangan.


Tugas akhir atau skripsi yang sering dibuat oleh mahasiswa humas yang berhubungan dunia organisasi dan kelompok, serta komponen-komponen pendukung dalam organisasi seperti pemasaran, public relation, kinerja organisasi, strategi organisasi dan sebagainya. Sebelum merencanakan lebih jauh penelitian yang akan diangkat untuk skripsi, ada beberapa komponen yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan.


Menentukan Judul Skripsi Komunikasi Humas


Sebuah skripsi yang menarik dapat dilihat dari judulnya. Oleh karena itu, pemilihan judul untuk skripsi sebisa mungkin up to date, mengangkat tema yang sedang fenomenal atau menjadi pembicaraan, tren yang hangat di tengah masyarakat. Mengingat jumlah skripsi yang telah dibuat tiap tahunnya selalu bertambah, membuat kita perlu mengatur strategi dalam menentukan judul skripsi.


Menentukan judul skripsi komunikasi humas tidak semudah yang kita kira. Ada beberapa ketentuan yang harus kita perhatikan ketika menentukan judul skripsi.


Judul merupakan kalimat pertama yang dibaca oleh pembaca, juga yang pertama dicari jika membutuhkan referensi. Jadi.... jangan sampai membuat judul skripsi asal-asalan atau mengangkat tema yang tidak up to date lagi. Misalnya mengangkat tema tentang profil perusahaan A, tanpa mengetahui bahwa perusahaan A telah ada yang meneliti.


Membuat judul skripsi komunikasi humas yang tepat sangat penting, karena judul merupakan kalimat awal yang akan dibaca oleh pembimbing atau penguji sebagai pemberi nilai. Judul dapat menggambarkan fenomena sosial apa yang akan diteliti. Dengan mengetahui judulnya saja pembaca akan bisa menerka fenomena sosial apa yang diteliti.


Kalimat judul dan subjudul skripsi harus singkat dan padat yang mencakup semua variabel dan jenis hubungannya, termasuk juga lokasi penelitian. Singkat maksudnya adalah menggunakan kata sesedikit mungkin. Padat maksudnya bahwa judul tersebut sudah mencakup jenis hubungan dan semua variabel yang hendak diukur.


Subjudul diperlukan juga dalam penulisan skripsi. Subjudul diletakkan di bawah judul utama. Hal ini dilakukan untuk memberikan penjelasan mengenai judul utama. Dalam subjudul memuat keterangan yang lebih detail, misalnya subjek penelitian, lokasi penelitian, media yang digunakan dalam penelitian, serta pendekatan atau metode apa yang digunakan untuk membedah penelitian.

0 comments:

Post a Comment

Recent Posts

Popular Posts

Unordered List

Blog Archive

Pembaca di Facebook

Total Pageviews

Tentang Saya

My Photo
Muhammad Arsyad Dumpa
Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia
saya adalah seorang mahasiswa di STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) Palopo, mengambil Jurusan komunikasi....
View my complete profile

Jual Beli Online Murah dan Aman